Landasan Idiil Koperasi Indonesia Adalah Pancasila. Apa Artinya?

Landasan idiil Koperasi Indonesia adalah salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mempelajari Koperasi Indonesia. Koperasi Indonesia merupakan salah satu lembaga atau badan usaha yang bergerak dalam bidang ekonomi. Setiap landasan yang mendasari setiap kegiatannya didasari oleh asas kekeluargaan dan asas kemasyarakatan. Koperasi Indonesia sebagai lembaga yang memiliki asas kekeluargaan dan kemasyarakatan memiliki tujuan yang utama yaitu untuk mensejahterakan setiap anggotanya pada khususnya, dan mensejahterakan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pada hakikatnya, Koperasi Indonesia bukanlah merupakan kumpulan dari modal-modal yang telah dikumpulkan. Koperasi Indonesia merupakan kumpulan dari orang-orang yang mengabdi untuk kepentingan kemanusiaan. Mereka bekerja bersama-sama dengan keras untuk kepentingan bersama. Dengan kesadaran setiap anggotanya, rasa kekeluargaan dan bersahabat, maka tujuan utama yaitu terciptanya masyarakat yang lebih sejahtera akan mudah untuk dicapai.

Apakah Arti Pancasila Sebagai Landasan Idiil Koperasi Indonesia?

Landasan idiil Koperasi Indonesia adalah memiliki arti yang benar-benar bermakna. Lambang yang diambil adalah dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Sebenarnya, terdapat beberapa landasan yang mendasari berdirinya Koperasi Indonesia. Diantara landasan-landasan tersebut adalah landasan idiil, landasan structural, landasan mental, dan landasan operasional. Setiap landasan tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Setiap landasan yang dimiliki telah ditentukan dan sesuai dengan tujuan Koperasi Indonesia.

Landasan idiil Koperasi Indonesia adalah Pancasila memiliki makna yang erat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Dasar idiil berupa Pancasila merupakan hal yang harus diamalkan dan dilakukan oleh setiap anggota Koperasi Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan Koperasi Indonesia maupun di lingkungan keluarganya. Itulah mengapa landasan Pancasila yang dijadikan sebagai landasan idiil Koperasi Indonesia. 5 sila yang terdapat di dalamnya diharapkan mampu dijalankan oleh setiap anggotanya.

Selain landasan idiil, terdapat pula landasan lainnya yaitu landasan mental dan landasan structural. Landasan mental yang dijadikan adalah kesetiakawanan sosial. Landasan mental Koperasi Indonesia berupa kesetiakawanan memberikan makna yang penting bagi setiap kegiatan di Koperasi Indonesia. Setiap anggota Koperasi Indonesia diharapkan mampu bekerja sama dengan rasa yang bersahabat. Perasaan setia kawan dan saling membantu antar setiap anggota Koperasi Indonesia sangatlah diperlukan untuk mencapai tujuan besar Koperasi Indonesia yang tidak lain adalah kesejahteraan setiap anggotanya.

Terakhir, terdapat landasan structural Koperasi Indonesia. Landasan structural Koperasi Indonesia adalah UUD 1945. UUD 1945 pada pasalnya yang mengatur tentang Koperasi Indonesia diatur dalam pasal 33 ayat 1 yang berbunyi bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan”. Nah, asas kekeluargaan dalam bidang perekonomian inilah yang merupakan landasan structural bagi Koperasi Indonesia.

Itulah landasan-landasan yang mendasari Koperasi Indonesia. Setiap landasan yang telah ditentukan diharapkan mampu dijalankan dengan sebaik-baiknya oleh setiap anggota dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian, tujuan utama dari Koperasi Indonesia akan lebih mudah untuk dicapai. Masyarakat Indonesia yang adil dan makmur pun bisa lebih mudah untuk diwujudkan.
LihatTutupKomentar