Berapa Meter Kain untuk Membuat Baju Gamis Syar'i model Aline Basic

Anda yang sedang kebingungan hendak membeli kain untuk dibuat gamis agar pas di tubuh tak kebesaran apalagi kekecilan. Jika membeli gamis jadi sering ukurannya kebesaran sehingga masih harus dipermak ke tukang jahit. Sialnya lagi kadang tukang jahit tak mau menerima bila harus merombak baju yang sudah jadi. Karena itu membuat gamis sendiri dengan membeli kainnya adalah pilihan tepat. Masalahnya, berapa meter kain untuk membuat baju gamis agar tak kebanyakan atau malah kurang. Berikut tips menentukan panjang kain untuk gamis.

Baju Gamis Syar'i model Aline Basic
Baju Gamis Syar'i model Aline Basic


1. Ukuran kain yang diperlukan untuk membuat gamis Syar’i

Bila ingin membuat gamis model Aline basic atau model A-line yang biasanya modelnya hanya lurus dengan lebar bawah kurang-lebih 70 cm - 75 cm dibutuhkan kain sepanjang 2 meter dan lebar 150 cm. Itu untuk ukuran gamis standar, sementara untuk ukuran gamis jumbo lazimnya membutuhkan tambahan kain lebih panjang. Gamis yang dibuat dari kain berukuran 2 meter x 150 cm bisa menggunakan model Aline basic yang memiliki lebar bawah 75 cm dan tak dapat didesain model pecah pola, sehingga dari atas modelnya langsung tak menggunakan potongan atau model lipit.

2. Ukuran kain yang diperlukan untuk membuat gamis Syar’i model A-line Plus

Bila ingin membuat gamis model Aline plus dengan kurang-lebih lebar bawah gamis dari 95 cm - 100 cm, setidaknya dibutuhkan kain berukuran 2,5 meter x lebar 150 cm sebagai ukuran gamis standar. Gamis ukuran besar tentu membutuhkan kain lebih banyak. Jenis kain yang sering digunakan untuk membuat gamis model ini dan juga model lain adalah kain katun Toyobo yang di-mix dengan kain katun print. Bahan lain adalah sifon yang ringan dan tipis sehingga cukup nyaman dikenakan serta tak akan membentuk lekuk tubuh. Namun kain ini cukup tipis, oleh karena itu gamis dari kain ini butuh furing supaya tak menerawang. Berlainan dengan sifon, bahan wolfis agak lebih tebal. Meski begitu, kain ini cukup nyaman dikenakan sebab karakternya yang jatuh dan sejuk. Bahan wolfis umumnya menawarkan warna lebih kalem bila dibanding sifon yang kebanyakan warna-warna mencolok.

3. Ukuran kain yang diperlukan untuk membuat gamis Syar’i model Klok

Jika ingin membuat gamis model klok dibutuhkan kain paling sedikit 3 meter dengan lebar 150 cm. Gamis model klok memiliki ciri khas bagian bawah extra lebar dengan mulai pinggang ke bawah nampak gelombang-gelombang. Tampilan gelombang itu dihasilkan di samping karena model bawahnya melebar, juga disebabkan pola potong memakai kain serong. Harus diingat jika gamis model klok cuma dapat dibuat menggunakan kain dengan lebar paling tidak 150 cm. Tak akan dapat bila menggunakan kain selebar 115 cm saja. Kebutuhan kain 3 meter itu pun hanya gamis model klok ukuran standar sementara bila menginginkan ukuran big size dibutuhkan kain lebih banyak. Bahkan bila menginginkan ukuran gamis jumbo tertentu tak akan dapat dibuat model klok.

Jadi kesimpulannya, berapa meter kain untuk membuat baju gamis akan sangat tergantung dari model yang dipilih dan juga ukuran tubuh pemakainya. Model gamis yang sedang in saat ini yaitu model Aline dimana bagian mulai pinggang ke bawah makin melebar. Untuk membuat model gamis Aline dibutuhkan paling tidak 2 meter untuk wanita dengan tubuh sedang. Wanita dengan tubuh gemuk tentunya membutuhkan bahan yang lebih banyak.
LihatTutupKomentar