Apa Lambang Koperasi Indonesia Baru dan Artinya?

Setiap organisasi dari sebuah usaha atau pun lembaga pasti memiliki sebuah lambang tersendiri. Tak terkecuali dengan lembaga Koperasi Indonesia yang memiliki asas kekeluargaan. Koperasi Indonesia memiliki lambang pohon beringin pada awalnya. Lambang Koperasi Indonesia baru dan artinya yang sekarang disimbolkan dengan lambang yang sangat mirip dengan lambang mozaik. Namun pada akhirnya, Puspayoga yang merupakan Mentri Koperasi Indonesia paling baru mengembalikan lambang yang lama menjadi lambang Koperasi Indonesia yang sekarang.

Sebenarnya, kedua lambang Koperasi Indonesia baik lambang pohon beringin maupun lambang mozaik memiliki makna yang sama-sama mempesona. Namun, setiap bagian lambang dari Koperasi Indonesia yang lama dan Koperasi Indonesia yang baru memiliki arti yang berbeda-beda. Setiap lambang memang telah dipilih dengan seteliti mungkin dimana lambang tersebut bisa menyimbolkan tujuan atau pun arti dari organisasi yang berdiri. Nah, apakah arti lambang Koperasi Indonesia yang lama dan lambang Koperasi Indonesia yang baru di Koperasi Indonesia?

Inilah Arti Dari Lambang Koperasi Indonesia Lama dan Baru

Mari mulai dengan lambang Koperasi Indonesia lama dan artinya. Lambang Koperasi Indonesia lama adalah pohon beringin. Lambang ini memiliki beberapa bagian seperti rantai, roda yang bergigi, kipas, timbangan, bintang, tulisan “Koperasi Indonesia”, dan yang terakhir lambang merah putih. Setiap bagian-bagian tersebut memiliki arti tersendiri. Contohnya saja lambang rantai yang tergambar dengan kokoh. Hal tersebut melambangkan sebuah persahabatan. Tujuan Koperasi Indonesia untuk mewujudkan kemakmuran diharapkan lebih mudah tercapai dengan persahabatan yang kuat.

Selain itu, terdapat pula lambang timbangan yang memiliki arti keadilan. Keadilan bagi setiap anggota Koperasi Indonesia terwujud karena tujuan dari Koperasi Indonesia sendiri adalah untuk mensejahterakan setiap anggotanya tanpa terkecuali. Berikutnya, Anda akan melihat lambang roda bergigi. Lambang ini memiliki arti yang sangat bermakna yaitu berupa usaha yang terus-menerus untuk mencapai keberhasilan. Berkali-kali gagal harus terus berusaha karena setiap usaha sekecil apapun yang dilakukan akan sangat berpengaruh pada organisasi.

Sedangkan lambang Koperasi Indonesia baru dan artinya adalah berupa gambar mirip mozaik dengan beberapa makna di dalamnya. Terdapat sebuah logo bunga di sana. Logo ini memberikan arti dan kesan kemajuan dan perkembangan yang terjadi di Koperasi Indonesia. Jadi, Koperasi Indonesia harus senantiasa berkembang dan semakin kreatif dalam meningkatkan usahanya. Selain itu, lambang tulisan “Koperasi Indonesia” dalam tulisan yang lebih modern menunjukkan kemajuan yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Lambang baru memiliki warna pastel yang begitu kalem dan sederhana. Warna tersebut memberikan makna yang berwibawa dan kuat. Itulah lambang Koperasi Indonesia baru dan artinya yang memiliki arti yang sama-sama indah dengan lambang pohon beringin yang sebelumnya. Lambang yang kini diubah menjadi lambang pohon beringin lagi tentu telah dipertimbangkan dengan baik. Jayalah terus Koperasi Indonesia untuk senantiasa memakmurkan rakyatnya.
LihatTutupKomentar