HUT Hari Koperasi Indonesia Diperingati Setiap Tanggal Berapa? Sejarahnya

Koperasi Indonesia merupakan salah satu badan usaha yang sangat familiar di Indonesia. Terdapat berbagai macam jenis Koperasi Indonesia menurut dari fungsinya. Hari Koperasi Indonesia diperingati setiap tanggal 12 Juli. Pada tahun ini, Indonesia telah memasuki usia 69 tahun Koperasi Indonesianya. Usia yang cukup panjang bukan? Asal muasal berdirinya Koperasi Indonesia di Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Sampai akhirnya, kini mudah sekali bagi masyarakat untuk mendirikan Koperasi Indonesia. Masyarakat tidak susah lagi untuk menemukan Koperasi Indonesia di kota-kota kecil bahkan di desa sekalipun.

Koperasi Indonesia adalah suatu lembaga yang bergerak dalam bidang ekonomi yang memiliki asas kekeluargaan. Itulah mengapa Koperasi Indonesia menjadi salah satu lembaga yang sangat cocok didirikan di Indonesia. Asas kemasyarakatan dan kekeluargaan yang dimilikinya akan membantu banyak masyarakat miskin dari hutang-hutang kepada rentenir yang bisa mencekik. Itulah awal mula tujuan Koperasi Indonesia di Indonesia. Masyarakat bisa melakukan simpanan dan pinjaman di Koperasi Indonesia tanpa membayar bunga yang sangat besar seperti ketika meminjam di rentenir.

Awal Mula Berdirinya Koperasi Indonesia di Indonesia

Koperasi Indonesia pertama kali dikenalkan di Indonesia pada tahun 1896. Tersebutlah seseorang yang bernama Raden Aria Wiriatmaja yang memperkenalkan Koperasi Indonesia pertama kalinya di daerah Jawa Tengah, tepatnya di Purwokerto. Koperasi Indonesia pertama yang didirikan oleh beliau adalah Koperasi Indonesia kredit yang memiliki tujuan seperti yang telah dijelaskan diatas. Pada saat itu, banyak masyarakat miskin yang terjerat dengan rentenir. Tujuan Koperasi Indonesia pertama itulah yang akan membantu masyarakat dari jerat renternir.

Koperasi Indonesia terus berkembang di Indonesia. Pada akhirnya, lembaga ini ditiru oleh organisasi Budi Oetomo serta Serikat Dagang Islam. Waktu terus berlalu dan ketika masa penjajahan Jepang terjadi, Jepang juga meniru lembaga Koperasi Indonesia. Koperasi Indonesia yang didirikan oleh Jepang pada awalnya berjalan baik dan memiliki fungsi seperti Koperasi Indonesia lain pada umumnya. Namun nyatanya, Jepang pada akhirnya hanya menyengsarakan rakyat karena mengeruk keuntungan besar dari rakyat.

Pada akhirnya, pergerakan Koperasi Indonesia di Indonesia mengadakan kongres pada tanggal 12 Juli 1947. Pada hari dimana Indonesia akhirnya telah merdeka tersebut, kongres Koperasi Indonesia pertama kali diadakan. Kongres pertama di lakukan di kota Tasikmalaya. Itulah mengapa hari Koperasi Indonesia diperingati setiap tanggal 12 Juli. Pada kongres tersebut juga, banyak keputusan-keputusan yang ditentukan untuk membangun Koperasi Indonesia di Indonesia menjadi lebih maju.

Kongres Koperasi Indonesia yang pertama tersebut dilakukan atas dorongan dari Bung Hatta. Pada akhirnya, kongres tersebut menghasilkan banyak keputusan dan diantaranya adalah penetapan hari Koperasi Indonesia. Kongres pertama tersebut juga memutuskan untuk menetapkan Bapak Koperasi Indonesia kepada bung Hatta. Itulah sejarah singkat mengenai berdirinya Koperasi Indonesia dan hasil kongres Koperasi Indonesia. Hari Koperasi Indonesia diperingati setiap tanggal 12 Juli untuk mengingatkan perjuangan panjang pahlawan dalam mendirikannya.
LihatTutupKomentar