Kospin Jasa, Nama Lembaga Koperasi Indonesia Simpan Pinjam Berlevel Internasiona

Kospin Jasa, Nama Lembaga Koperasi Indonesia Simpan Pinjam Berlevel Internasional. Pemerintah melalui Kementrian Koperasi Indonesia telah menentukan kriteria yang harus dimiliki Koperasi Indonesia untuk dapat menjadi sebuah Koperasi Indonesia yang dinilai sukses. Kriteria-kriteria tersebut diantaranya adalah mempunyai modal yang cukup, adanya gerakan aktif di Koperasi Indonesia dan mampu menjadi pilar dari ekonomi rakyat yang berkeadilan dan demokratis. Dengan kriteria-kriteria tersebut, banyak Koperasi Indonesia yang berhasil mendapatkan gelar sukses untuk level nasional. Bahkan ada juga nama lembaga Koperasi Indonesia simpan pinjam yang berhasil meraih kesuksesan berupa masuk dalam level internasional.

Untuk bisa menjadi Koperasi Indonesia dengan level internasional, harus dapat memenuhi standar yang ditetapkan oleh International Cooperative Alliance. Sehingga tidak semua orang bisa mengatakan bahwa sebuah Koperasi Indonesia memiliki standar internasional. Adapun contoh Koperasi Indonesia simpan pinjam yang sukses dan diakui oleh International Cooperative Alliance sebagai Koperasi Indonesia dengan level internasional adalah Kospin Jasa dari Pekalongan, KSP Obor Mas serta Induk KSP. Selain ketiga KSP atau Koperasi Indonesia Simpan Pinjam tersebut, ada juga Koperasi Indonesia Warga Semen Gresik dan Koperasi Indonesia Peternak Susu Bandung Utara.

Koperasi Indonesia Simpan Pinjam Jasa Pekalongan

Salah satu Koperasi Indonesia yang berhasil mendapatkan pengakuan internasional adalah Kospin atau Koperasi Indonesia Simpan Pinjam Jasa Pekalongan. Koperasi Indonesia ini memiliki asset dengan total 2,5 triliun rupiah. Nama lembaga Koperasi Indonesia simpan pinjam ini bisa menjadi sangat besar berkat keragaman dari produk simpanan maupun pinjaman yang dimilikinya. Produk-produk yang ditawarkan juga disesuaikan kebutuhan anggota maupun masyarakat. Koperasi Indonesia ini dikelola oleh SDM yang baik, sehingga memiliki strategi pemasaran sangat jelas.

Prinsip kehati-hatian juga diterapkan dalam pengelolaannya.

Walaupun bukan merupakan Koperasi Indonesia simpan pinjam syariah, tetapi tujuan dari Koperasi Indonesia ini sangat mulia. Kospin Jasa ingin memberikan solusi untuk mengatasi kesulitan-kesulitan anggota dan masyarakat sekitar dalam mendapatkan kredit modal. Koperasi Indonesia yang didirikan tahun 70an ini memang memiliki anggota para pengusaha kecil serta menengah, terutama yang berkecimpung dalam industri batik. Mereka memiliki kesulitan dalam mengakses pinjaman dari bank karena usaha yang dimiliki masih relatif kecil.

Kospin Jasa dari Pekalongan juga memiliki keberanian untuk memperbesar operasinya. Koperasi Indonesia ini mampu menilai produknya yang menarik minat anggota maupun masyarakat. Agar jangkauannya semakin luas, dilakukan usaha kreatif untuk menarik minat masyarakat dengan memberikan beragam hadiah. Berbagai hadiah ini diberikan bagi anggota yang memanfaatkan produk simpanan. Hasilnya, banyak pihak ataupun golongan masyarakat, terutama yang bergelut dalam usaha batik Pekalongan tertarik menjadi anggotanya.

Nama lembaga Koperasi Indonesia simpan pinjam asal Pekalongan ini telah harum di tingkat nasional sejak tahun 1981. Berbagai prestasi dan penghargaan mampu diraihnya. Tetapi Koperasi Indonesia ini tidak mudah berpuas diri. Kini berbagai teknologi canggih juga digunakan dalam transaksi-transaksinya. Dengan kerja keras dan tetap berpegang teguh pada asas Koperasi Indonesia, maka Kospin Jasa mampu meningkatkan kesejahteraan anggota dan meraih predikat sebagai Koperasi Indonesia dengan level internasional.

LihatTutupKomentar